Minggu, 25 Maret 2018

Getaran

Getaran

Getaran
Getaran adalah gerak bolak-balik melalui titik kesetimbangan.
Contoh : anak sedang bermain ayunan
download (2)
Sumber gambar : Google
Kursi ayunan yang bergetar memiliki kemampuan untuk bergerak, yakni bergerak bolak-balik. Setiap benda yang memiliki kemampuan untuk bergerak pastilah memiliki energi. Jadi pada hakekatnya getaran adalah suatu perwujudan energi. Energi getaran kursi ayunan itu berasal dari energi yang kamu kerahkan untuk menyimpangkan kursi itu dari titik kesetimbangannya.
Amplitudo Suatu Getaran
bhjuhjnkjnkjn
Sumber gambar: google
Titik O adalah titik kesetimbangan. Jarak antara benda yang bergetar dengan titik kesetimbangan disebut simpangan. Misalkan suatu ketika beban yang bergetar berada di posisi C, dan jarak CO adalah 3 cm. Maka simpangan getaran pada saat itu adalah 3 cm. Simpangan terbesar getaran pada  adalah jarak OA atau OB. Simpangan terbesar ini disebut amplitudo suatu getaran. Misalnya, jarak OB pada gambar adalah 5 cm. Maka amplitudo getaran itu 5 cm. Bagaimana cara yang kamu lakukan untuk memperbesar amplitudo getaran itu? Tentu saja kamu harus mengerahkan energi untuk memperbesar simpangan maksimum beban itu. Jadi amplitudo suatu getaran berkaitan erat dengan energi getaran tersebut. Jika amplitudo suatu getaran besar, maka energi getarannya juga besar. Sebaliknya jika amplitudo suatu getaran kecil, maka energi getarannya juga kecil.
Periode Suatu Getaran
getaran adalah satu lintasan tertutup, yakni lintasan gerakan yang kembali ke tempat semula. Satu getaran pada gambar bandul adalah lintasan beban melalui titik-titik A, O, B, O, A, atau O, B, O, A, O, atau B, O, A, O, B. Waktu yang diperlukan untuk melakukan satu getaran disebut periode, dilambangkan dengan T. Periode diukur dalam satuan sekon. Misalkan untuk melakukan 1 getaran diperlukan waktu 0,5 sekon, maka T = 0,5 sekon.
Frekuensi Suatu Getaran
Banyaknya getaran yang terjadi setiap sekon disebut frekuensi getaran. Besar frekuensi getaran ujung penggaris tersebut berbeda dengan frekuensi getaran sayap lebah pada Gambar 10.3. Satuan frekuensi (f) adalah 1/sekon, disebut juga hertz atau Hz, untuk menghormati ilmuwan Jerman Heinrich Hertz. Frekuensi 1000 hertz disebut juga 1 kilohertz atau 1 kHz.
cf56377ea780a8ce1586d2abed17482c

sumber : https://zumihanifa.wordpress.com/kelas-viii/getaran-gelombang-bunyi/

0 komentar:

Posting Komentar